Tag

, , , ,

Berawal dari pertemuan dengan kawan lama yang saat ini sedang menderita kanker nasofaring, banyak cerita didapat terutama nasehat yang berguna. Saat ini saya ingin berbagi sekelumit nasehat tentang khasiat beberapa anugerah Allah berupa buah-buahan yang ada di sekitar kita. Insya Allah pada kesempatan lain saya ingin berbagi tentang mengenal kanker nasofaring.

Buah dan Daun Sirsak

Sirsak (graviola) dikenal juga sebagai nangka sabrang, nangka londo, nangka buris, srikaya Jawa, dan di Jawa barat dikenal dengan nama manalika, dipercaya sangat ampuh menyembuhkan kanker. Selain menyembuhkan kanker buah sirsak juga berfungsi sebagai antibakteri antijamur (fungi) efektif melawan berbagai jenis parasit/cacing menurunkan tekanan darah tinggi depresi stres dan menormalkan kembali sistem syaraf yg kurang baik.

Dibawah ini beberapa manfaat sirsak beserta ramuannya:

Kanker (pengobatan).10 lembar daun sirsak, direbus dengan 3 gelas air sampai mendidih hingga tinggal 1 gelas, diminum 2 kali sehari.
Kanker (pencegahan). Cukup daging buahnya, baik dimakan langsung maupun dibuat jus tanpa gula.
Ambeien. Buah sirsak yang sudah masak. Peras untuk diambil airnya sebanyak 1 gelas, diminum 2 kali sehari, pagi dan sore.
Sakit kandung kemih. Buah sirsak setengah tang, gula dan garam secukupnya. Semua bahan tersebut dimasak dibuat kolak. Dimakan biasa, dan dilakukan secara rutin setiap hari selama 1 minggu berturut-turut.
Bayi mencret. Buah-sirsak yang sudah masak. Buah sirsak diperas dan disaring untuk diambil airnya, diminumkan pada bayi yang mencret sebanyak 2-3 sendok makan.
Anyang-anyangan. Sirsak setengah masak dan gula pasir secukupnya. Sirsak dikupas dan direbus dengan gula bersama-sama dengan air sebanyak 2 gelas, disaring dan diminum.

Air Kelapa Hijau (Ijo)

Air kelapa hijau (ijo) sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh kita karena air kelapa ijo dapat menetralisir segala macam racun yang ada di dalam tubuh kita, racun racun yang disebabkan oleh zat-zat kimia yang terbawa pada makanan kita pada aktivitas kita.

Sebenarnya semua air kelapa dapat menetralisir racun di dalam darah, namun yang paling bagus untuk menetralisir racun didalam darah adalah kelapa ijo, jadi apabila di daerah kita tidak menemukan kelapa hijau, kelapa yang lainpun dapat kita gunakan.

Untuk mengetahui ciri khas kelapa hijau, pada kulit dalam di bagian atas bila di kupas berwarnah merah muda, dan perlu diketahui, bahwa kelapa ijo sendiri tidak identik dengan warna hijau karena ada beberapa jenis yang tergolong kelapa ijo tidak bewarna hijau.

Buah Jambu Biji

Ternyata Jambu Biji (psidium guajava), jambu klutuk, bayawas, tetokal, tokal (Jawa); jambu kulutuk, jambu batu (Sunda), jambu bender (Madura) sangat berkhasiat bagi kesehatan kita, hanya saja kita kurang memperhatikannya. Berikut ini khasiat unik dari jambu biji, semoga kita bisa memanfaatkannya dengan baik.

Diabetes Mellitus
Bahan: 1 buah jambu biji setengah masak
Cara membuat: buah jambu biji dibelah menjadi empat bagian dan direbus dengan 1 liter air sampai mendidih, kemudian disaring untuk diambil airnya.
Cara menggunakan: diminum 2 kali sehari, pagi dan sore

Maag
Bahan: 8 lembar daun jambu biji yang masih segar.
Cara membuat: direbus dengan 1,5 liter air sampai mendidih, kemudian disaring untuk diambil airnya.
Cara menggunakan: diminum 3 kali sehari, pagi, siang dan sore.

Sakit Perut (Diare dan Mencret)
Bahan: 5 lembar daun jambu biji, 1 potong akar, kulit dan batangnya
Cara membuat: direbus dengan 1,5 liter air sampai mendidih kemudian disaring untuk diambil airnya
Cara menggunakan: diminum 2 kali sehari pagi dan sore.

Sakit Perut atau Diare pada bayi yang masih menyusui
Bahan: jambu biji yang masih muda dan garam secukupnya.
Cara menggunakan: dikunyah oleh ibu yang menyusui bayi tersebut,
airnya ditelan dan ampasnya dibuang.

Masuk Angin
Bahan: 10 lembar daun jambu biji yang masih muda, 1 butir cabai merah, 3 mata buah asam, 1 potong gula kelapa, garam secukupnya
Cara membuat: semua bahan tersebut direbus bersama dengan 1 liter air sampai mendidih kemudian disaring untuk diambil airnya.
Cara menggunakan: diminum 2 kali sehari.

Beser (sering kencing) berlebihan
Bahan: 1 genggam daun jambu biji yang masih muda, 3 sendok bubuk beras yang digoreng tanpa minyak (sangan = Jawa).
Cara membuat: kedua bahan tersebut direbus bersama dengan 2,5 gelas air sampai mendidih hingga tinggal 1 gelas kemudian disaring.
Cara menggunakan: diminum tiap 3 jam sekali 3 sendok makan.

Prolapsisani
Bahan: 1 genggam daun jambu biji, 1 potong kulit batang jambu biji.
Cara membuat: direbus bersama dengan 2 gelas air sampai mendidih, kemudian disaring untuk diambil airnya.
Cara menggunakan: air ramuan tersebut dalam keadaan masih hangat dipakai untuk mengompres selaput lendir poros usus (pusar) pada bayi.

Sariawan
Bahan: 1 genggam daun jambu biji, 1 potong kulit batang jambu biji.
Cara membuat: direbus bersama dengan 2 gelas air sampai mendidih, kemudian disaring untuk diambil airnya.
Cara menggunakan: diminum 2 kali sehari.

Sakit Kulit
Bahan: 1 genggam daun jambu biji yang masih muda, 7 kuntum bunga
jambu biji.
Cara membuat: ditumbuk bersama-sama sampai halus
Cara menggunakan: untuk menggosok bagian kulit yang sakit.

Obat luka baru
Bahan: 3 pucuk daun jambu biji.
Cara membuat: dikunyah sampai lembut
Cara menggunakan: ditempelkan pada bagian tubuh yang luka agar tidak mengelurkan darah terus menerus.

 

Sumber : http://www.iptek.net.id