Banktilah Indonesiaku !

Ketahuilah kawan bahwa zaman tidak akan menuggu kita, sejarah tidak akan memberikan penghormatan kepada kita yang suka menunda-nunda. Perhatikan, bahwa tidak sedikit orang yang lalai dan santai, yang berleha-leha di tempat dan waktu berlalu hingga setahun, ternyata mereka masih tetap seperti sediakala, bahkan boleh jadi lebih parah pengetahuannya, ibadahnya, kedalaman ilmunya dan aktivitasnya.

Mereka selalu memiliki dalih untuk tidak mengejar prestasi yang tinggi, selalu memiliki alasan untuk membela diri jika ada orang yang mencela kelambanan dan kemalasan mereka. Selalu ada dalih bagi mereka, seperti alasan para pendahulu mereka, “Harta dan keluarga kami menyibukkan kami.” (QS. Al-Fath [48] : 11). Seolah-olah orang lain yang penuh kreasi dan prestasi tidak memiliki keluarga dan harta. Dalih mereka itu lemah, sehingga tidak diterima Allah dan manusia.

Bukankah orang-orang yang telah berusaha meraih pengetahuan, berjuang mengejar kemuliaan tidak tertidur di malam hari dan dahaga di siang-siang yang panas juga memiliki dalih berupa kesedihan yang mencekam, kelaparan, kehausan, kedinginan  namun demikian mereka tetap berjuang, bertahan dan sabar sampai mereka mencapai tujuan lalu beristirahat.

Semoga kita diberi kekuatan untuk terus bertahan dalam perjuangan, maka BANGKITLAH ! [*]