Tag

bukaNikmatnya berbuka, jangan sampai melupakan kesehatan. Pilihan makanan, waktu memakannya dan tidak berlebihan dalam mengkonsumsi makanan adalah sebagian dari cara sehat saat berbuka.

Nafsu. Itulah hal yang tidak dapat ditolak saat berbuka. Rasanaya ingin, semua makanan disantap dalam satu waktu. Tapi bisakah kita berfikir, bahwa kesehatan harus selalu terjaga saat berbuka.

Beberapa Tips yang harus diperhatikan saat berbuka puasa :

  1. Berdo’a (disini do’a adalah sangat mustajabah ya..)
  2. Minum yang cukup dan makan secara bertahap (awali dengan porsi yang kecil), biar perutnya gak melil…it.
  3. Awali dengan minuman manis (1-2 sendok teh gula per gelas) serta makanan yang manis. Misalnya, jus dari buah yang manis (mangga atau jambu biji), kurma, kolak, setup buah-buahan, cendol dengan santan encer, atau 1-2 potong kue manis rendah lemak (misalnya kue-kue jajanan pasar yang terbuat dari tepung beras), untuk mngembalikan cairan tubuh dan kadar gula darah.
  4. Jangan mengkonsumsi makanan pembuka sekaligus dalam jumlah banyak, biar kadar gula darah kita gak meningkat secara tiba-tiba,
  5. Sholat Maghrib berjama’ah (di rumah atau masjid)
  6. Setelah tenggang waktu sejam (setelah Sholat Maghrib), barulah perut temen-temen diisi dengan makanan dalam porsi penuh. Makanan yang dikonsumsi sebaiknya bervariasi agar semua zat-zat gizi dapat terpenuhi.
  7. Cukup minum. Kira-kira 2 liter sehari (± 8 gelas).
  8. Jangan makan yang mengandung bumbu terlalu merangsang, seperti cabe atau santan kental.
  9. Jangan minum dan makan yang nimbulin gas, yakni kol, lobak, nangka, ubi jalar dan minuman ringan (soft drink).
  10. Jangan mengkonsumsi tape ketan, kopi, dan teh kental karena dapat merangsang pengeluaran asam lambung.
  11. Setelah Sholat Isya’ dan Tarawih, temen-temen boleh mengkonsumsi lagi makanan selingan dengan porsi seperti makanan pembuka.
  12. Sebelum tidur malam, makanan selingan bisa jadi pilihan konsumsi. Misalnya, kolak atau segelas jus buah.

Semoga manfaat dan sehat selalu…!!

Tribute to dr. Haryono Fadhil

TIPS SAAT BERBUKA PUASA

Beberapa Tips yang harus diperhatikan saat berbuka puasa :
1. Berdo’a (disini do’a adalah sangat mustajabah ya..)

2. Minum yang cukup dan makan secara bertahap (awali dengan porsi yang kecil), biar perutnya gak melilit.

3. Awali dengan minuman manis (1-2 sendok teh gula per gelas) serta makanan yang manis. Misalnya, jus dari buah yang manis (mangga atau jambu biji), kurma, kolak, setup buah-buahan, cendol dengan santan encer, atau 1-2 potong kue manis rendah lemak (misalnya kue-kue jajanan pasar yang terbuat dari tepung beras), untuk mngembalikan cairan tubuh dan kadar gula darah.

4. Jangan mengkonsumsi makanan pembuka sekaligus dalam jumlah banyak, biar kadar gula darah kita gak meningkat secara tiba-tiba,

5.Sholat Maghrib berjama’ah (di rumah atau masjid)

6. Setelah tenggang waktu sejam (setelah Sholat Maghrib), barulah perut temen-temen diisi dengan makanan dalam porsi penuh. Makanan yang dikonsumsi sebaiknya bervariasi agar semua zat-zat gizi dapat terpenuhi.

7. Cukup minum. Kira-kira 2 liter sehari (± 8 gelas).

8. Jangan makan yang mengandung bumbu terlalu merangsang, seperti cabe atau santan kental.

9. Jangan minum dan makan yang nimbulin gas, yakni kol, lobak, nangka, ubi jalar dan minuman ringan (soft drink).

10. Jangan mengkonsumsi tape ketan, kopi, dan teh kental karena dapat merangsang pengeluaran asam lambung.

11. Setelah Sholat Isya’ dan Tarawih, temen-temen boleh mengkonsumsi lagi makanan selingan dengan porsi seperti makanan pembuka.

12. Sebelum tidur malam, makanan selingan bisa jadi pilihan konsumsi. Misalnya, kolak atau segelas jus buah.

Semoga manfaat dan sehat selalu…!!