Tag

, ,

fatihahSurat Al-Fatihah sebagi ummul qur’an sarat dengan pelajaran berharga bagi kita hamba Allah. Diantaranya pujian, kasih sayang, kerajaan, ibadah dan permohonan.

Pujian : Sanjungan terhadap sang perkasa, penghargaan atas segala kebaikan-Nya dan pernyataan terima kasih atas karunia-Nya yang tiada tara.

Kasih sayang : Kelembutan-Nya kepada semua hamba, karunia-Nya berupa kebahagiaan, pemaafan yang tiada ujung walaupun kita sering melakukan kekhilafanan dan limpahan rezeki-Nya walaupun kita sering melawan.

Kerajaan : Ketunggalan dan keperkasaan, keluhuran martabat, keunggulan dalam segala urusan dan tertawannya semua makhluk dalam genggaman-Nya.

Ibadah : Adalah ketundukan terhadap sifat rububiyah Allah, penunggala-Nya sebagai pemilik sifat uluhiyah, pelaksanaan hukum-hukum-Nya dan pemenuhan kewajiban pengabdian kepada-Nya.

Permohonan bantuan : Perasaan cukup dengan bantuan Allah saja, permintaan akan pertolongan dan dukungan-Nya, keyakinan bahwa semua kebaikan ada di sisi-Nya dan pengetahuan bahwa kita membutuhkan-Nya sedangkan dia tidak membutuhkan hamba.

Hidayah : Pengetahuan tentang wahyu dengan menggunakan akal dan mengikuti  bimbingan rasul, perjalanan ke arah-Nya dengan jujur, peribadatan dengan keyakinan, pengabaian semua jalan selain jalan ke arah-Nya.

Yang mendapatkan nikmat : Makhluk-makhluk pilihan yang menempuh jalan menuju allah dengan baik, datang dengan kepatuhan sejati dan melaksanakan kebaikan dengan penuh keyakinan.

Yang mendapatkan murka : Orang-orang yang mencari ilmu namun tidak mengamlakan ilmunya, orang-orang yang tahu tapi melakukan kebodohan dan orang-orang yang melihat hidayah tapi tetap berpaling dari Allah, yaitu orang-orang yang menganggap bahwa pengetahuan letaknya di dalam kepala dan syari’at letaknya di lidah bukan di hati.

Yang tersesat : Orang-orang yang beribadah dalam kebodohan, sungguh-sungguh bekerja dalam kesesatan, bertindak sembrono dan banyak beribadah kepada Sang Rahman tanpa bukti yang nyata.

Bacalah dan fahami, maka akan kita dapatkan kebaikan. [*]