Tag

, , ,

Hari Kamis lalu (2/4) saya mendapat kabar, bahwa Kakek Hasan (Ust. Hasan Hazli) guru saya dan guru banyak orang -kebanyakan para tamu yang sudah pernah mampir di Villa Hidayatullah Batu Jatim- dirawat di RSAL Dr. Ramlan Surabaya. Beliau sangat membutuhkan bantuan donor darah gol B. Alhamdulillah ada beberapa orang kawan yang siap membantu beliau. Saya berharap beliau segera diberi kesembuhan, dan kembali beraktivitas dengan menuangkan beragam nasihat kepada kami.

Kawan, ada beberapa nasihat yang sempat saya baca dalam catatannya dan saya posting sebagai bahan motivasi buat kita semua, semoga banyak manfaatnya.

Berikut beberpa nasihat itu:

1. Abu Muhammad bin Yazid berkata : “Usahakan jangan menyakiti orang yang dicintai. Beliau ditanya, “Apakah ada orang yang berbuat demikian ?” Beliau menjawab, “Ya, dirimu sendiri yang kau cintai namun engkau berbuat jahat kepadanya dengan selalu menumpuk dosa”.

2. Sebakhil-bakhil manusia ialah bakhil terhadap dirinya sediri, yaitu yang selalu melakukan maksiat yang mencelakakan dirinya.

3. Ada lima kebaikan bagi orang yang gemar berdzikir : Tanda keridhaan Allah, menambah semangat berbuat ketaatan, terlindung dari gangguan syetan, melunakkan dan membersihkan hati dan mencegah dari maksiat.

4. Nasihat seorang ulama kepadaanaknya : “Hai anakku, jika nafsumu mendorongmu berbuat dosa, maka lihatlah ke atas dan takutlah kepada penduduk langit.ila tidak, lihatlah ke bumi, malulah terhadap penduduk bumi. Makajika kamutidak takut terhadappenduduk langit dan penduduk bumi, anggaplah dirimu sebagai golongan dari binatang yang tidak berakal”.

5. Luqman Al-Hakim menasihati anaknya : “Hai anakku, sesungguhnya dunia ini bagaikan samudera yang sangat dalam dan telah tenggelam di dalamnya kebanyakan manusia. Karena itu jadikan bahteramu di bunia ini Taqwa kepada Allah”.

6. Empat sendi akhlaq yang baik : 1. Sabar: Mendorongmu menguasai diri dalam menahan amarah, tidak mengganggu orang lain dan lemah lembut; 2. Kehormatan diri: Membantumu menjauhi hal-hal yang hina dan buruk; 3. Keberanian: Mendorongmu pada kebesarn jiwa, sifat-sifat yang tinggi nilainya dan rela berkorban; 4. Keadilan: Mendorongmu berada di jalan tengah, tidak meremehkan dan tidak berlebih-lebihan.

7. Empat sendi akhlaq yang buruk : 1. Kebodohan: Menyebabkanmu salah langkah,yang baik dianggap buruk dan sebalikya yang buruk dianggap baik; 2. Kedhalima: Membuatmu meletakkan sesuatu tidak pada tempatnya, menyukai yang seharusnya dibenci, menjauhi yang seharusnya didekati; 3. Syahwat yang tidak dikendalikan, yang justeru diperturutkan; 4. Takabbur: Menolak kebenaran yang mendorong sikap dan sifat negatif, antara lain : dengaki, iri, merendahkan orang lain, marah tidak pada tempatnya dan lain-lain…..