Tag

Maaf lanjutan dari postingan yang lalu, baru bisa saya sambung. Memang agak lambat sih, tapi tidak mengapa, yang penting sekarang udah bisa diposting. Kali ini saya akan mencoba menyampaikan pengalaman cara instalasi StacksDocklets pada RocketDock kita.

StacksDocklets adalah sebuah docklet (aplikasi tambahan pada RocketDock), yang berfungsi untuk mengelompokkan suatu kelompok shortcut (icon-icon yang ada di desktop), dan diwakili oleh satu icon stack. Icon stack ini kemudian akan memunculkan semua shortcut yang tersimpan di dalamnya dengan efek yang cantik.

untitled

Karena StacksDocklet adalah dockletnya RocketDock, maka kita harus menginstal RocketDock terlebih dahulu. Sesudah instalasi dan melakukan pengaturan awal, sekarang kita tamambahkan aplikasi stack docklet di dock kita.

Pertama-tama, download docklet tambahan  Stack Docklet disni.

Lalu unzip stackdocklet tersebut kemudian copy folder tersebut ke  C:Program Files/RocketDock/Docklets:


dock

Setelah seluruh file tersimpan di StackDoklet, kita menuju desktop dan klik-kanan RocketDock – Add Item – Stack Docklet


docklet3

Sampai di siini bisa kita lihat hasilnya seperti berikut :

docklet4

Kalau sudah ada,  sekarang kita klik-kanan dock yang baru terbentuk dan pilihlah Icon Setting


docklet6

Setelah itu, pada kolom folder pilih kotak bagian kanan berisi titik (…), untuk mencari folder yang ingin kita kumpulkan pada docklet. Semua icon yang ada di Desktop misalnya.

Langkah selanjutnya kita bisa bereksperimen dengan semua fasilitas yang disediakan oleh StackDock. Sesuaikan dengan selera kita masing-masing.

docklet7

Beberapa hal yang perlu diperhatikan :

StackDocklet bisa dilakukan dengan memilih opsi Fan, Grid, atau Automatic.

Pilih Fan untuk efek seperti kipas (catatan: Jumlah shortcut tidak boleh terlalu banyak, karena nantinya tidak akan tampil semua).

Pilih Grid untuk tampilan baris dalam sebuah box.

Atau Automatic untuk membiarkan RocketDock memilih settingan mana yang paling bagus untuk grup stackdocklet tersebut. Dengan settingan ini, grup yang memiliki shortcut dengan jumlah banyak akan otomatis memiliki settingan Grid.

Hasil akhirnya kurang lebih akan seperti ini:

dock-lengkap

Alhamdulillah, selesai sudah. Sekarang tahan deh standby di depan kompi berlama-lama.

© Copyleft endangar.wordpress.com